[Movie Review] Blind (2011)


Title: Blind

Hangul: 블라인드

Revised Romanization: Beullaindeu

McCune–Reischauer: Bŭllaindŭ

Directed by: Ahn Sang-hoon

Produced by: Andy Yoon

Written by: Choi Min-seok

Starring: Kim Ha-neul

                  Yoo Seung-ho
Music by: Song Jun-seok

Cinematography: Son Won-ho

Editing by: Shin Min-kyung

Distributed by: Next Entertainment World

Release dates : July 22, 2011 (PiFan) 
                                       August 11, 2011 (South Korea)

Running time: 111 minutes

Country: South Korea

Language: Korean

Sinopsis:

Min Soo-ah adalah yatim piatu sekaligus lulusan akademi kepolisian yang mengalami kecelakaan maut di jalan tol, menyebabkan adik satu panti asuhannya, Dong-hyun meninggal. Sementara Soo-ah sendiri  selamat namun harus kehilangan kedua penglihatannya. Usai kecelakaan tersebut menimpanya, karir Soo-ah sebagai seorang polisi yang baru seumur jagung terpaksa berakhir lantaran ia dianggap lalai dan teledor.

Suatu malam ketika Soo-ah pulang dari rumah panti asuhannya menuju rumahnya sendiri, ia ditawari seseorang untuk naik mobil. Soo-ah yang buta menyangka kalau mobil tersebut adalah taksi, dengan senang hati menerima tawaran itu. Hingga di pertengahan jalan, Soo-ah merasakan mobil yang ditumpanginya itu baru saja menabrak seseorang. Ketika Soo-ah bertanya, sang sopir menjawab bahwa yang barusan tertabrak hanyalah seekor anjing. Meski buta, Soo-ah memiliki indera pendengaran yang tajam melebihi pendengaran manusia normal lainnya, dan ia yakin bahwa yang tertabrak itu adalah seorang perempuan. Alih-alih mengakuinya, sang sopir malah memaksa Soo-ah untuk kembali masuk ke mobil dan tentu Soo-ah memberontak, sampai akhirnya ia terlempar ke tengah jalan dan ditemukan oleh seseorang dan akhirnya ia diantar ke kantor polisi.

Sehari setelah insiden tabrak lari itu, kabar hilangnya seorang gadis SMA sontak menggemparkan segenap kantor polisi. Ternyata, gadis itu hilang pada titik dan lokasi yang sama di mana mobil yang ditumpangi Soo-ah tempo hari menabrak sesuatu, membuat Soo-ah semakin yakin kalau dirinya adalah saksi dari kasus tabrak lari tersebut. Detektif Jo yang menangani kasus itu sempat ragu untuk menanyakan sesuatu pada Soo-ah yang jelas-jelas tidak mungkin bisa melihat apa pun. Namun, berkat insting dan instuisinya yang teramat peka, Soo-ah mampu meyakinkan sang detektif dalam memberikan kesaksian. Dimulai dari ciri-ciri sang sopir hingga bentuk taksi yang ditumpanginya waktu itu. 

Kemudian, muncullah seorang pemuda pengantar makanan bernama Kwon Gi-seob yang turut memberi kesaksian. Yang paling mencengangkan di antara kesaksian yang dilihat Gi-seob adalah pernyataan yang mengatakan bahwa mobil yang ditumpangi Soo-ah bukanlah sebuah taksi, melainkan mobil sedan buatan luar negeri.

Hingga suatu saat sang pelaku yang ternyata adalah seorang psikopat pembunuh berantai, yang juga merangkap sebagai dokter aborsi, mengetahui kedok kedua saksi tersebut. Membuatnya bertekad untuk membantai dua saksi mata itu. 

Dan teror mencekam pun dimulai. 

Awalnya saya ga begitu tertarik sama ini film. Modal bonus internetan tengah malem, jadilah saya iseng buka yutub buat cari film Asian yang katanya keren banget. Tiba-tiba saya nemu Blind dengan English subtitle membuat saya tergiur untuk cepet-cepet download. Tapi, pas udah selesai, ga langsung saya buka. Sekitar dua mingguan saya pendep file-nya di laptop, baru semalem saya - yang udah terlanjur nganggur gini - nonton filmnya.

Saya pikir genrenya horor, semacam hantu yang sering nongol terus merangkak dari kolong kamar tidur gitu. Tapi, ternyata dugaan saya salah. Film ini aslinya jauh lebih epik dari ekspektasi saya sebelumnya. Bener-bener cerdas dan masuk di akal.

Seorang perempuan buta yang dituntut menjadi saksi mata sebuah insiden tabrak lari yang menyebabkan seorang gadis SMA hilang tanpa kabar. Wah, gila. Keren, nggak tuh?

Yang paling keren sekaligus bikin merinding itu pas tau kalo si pelaku ternyata bukan cuma sopir biasa, melainkan seorang dokter aborsi yang barusan keluar penjara yang ternyata juga psikopat akut! 

Bayangkan, kalian yang buta, yang ga bisa lihat apa-apa malah dibuntutin sama orang gila berjiwa sadis! Dijamin ga bakal bisa tidur tenang.

Secara keseluruhan, Blind disajikan dalam bentuk film yang betul-betul terasa natural dan ga dibuat-buat. Didukung oleh kualitas akting para pemainnya yang emang menjiwai banget, terutama si Yang Young-Jo, si dokter psikopat yang rela menjalani adegan bugil demi menginterpretasikan kesintingan perannya itu. Pokoknya saya berasa bener-bener kayak liat psikopat asli. Ngeri, damn!

Untungnya, film thriller ini ga begitu mengumbar adegan jagal yang teramat sangat disturbing semacam Hostel atau Wrong Turn punya. Memang pada sebagian cerita, ditunjukkin adegan berdarahnya, tapi semua itu masih dalam batas wajar (menurut saya), tapi tetep aja buat anak di bawah umur nggak boleh liat, ntar jadi trauma. 

Misteri dan ketegangannya lumayan kena, walaupun di beberapa bagian - menurut saya - terlalu lambat reaksinya. Tapi, sekali lagi, semuanya udah betul-betul kece!

Akting Kim Ha-neul di sini juga sangat memuaskan, didukung sama aktor cakep Yoo Seungho. Walopun peran Seungho di sini ga begitu membekas di hati saya, tapi saya malah kebayang-bayang muka gantengnya itu lho wkwk, entah kenapa kalo liat dia nyengir jadi inget sama Jiyong si adek ipar <3 nbsp="" p="">

Well, well, selepas dari itu, saya jadi kagum sama teknologi di Korea Selatan. Ngeliat Soo-ah yang tunanetra bisa make hape yang udah didesain spesial buat penyandang disabel macem dia, juga audio traffic-light buat nyeberang jalan, serta keyboard komputer khusus dan sebagainya. Emang di sana udah serba maju, ya. Suer, saya salut banget sama manusia-manusia di sana.

Intinya, film ini sangat-sangat direkomendasikan! Bagi kalian pecinta film beralur cerdas, Blind adalah hal yang wajib masuk dicatat dalem a-must-see kalian!

5 / 5 bintang ^^)b




You Might Also Like

0 komentar